PRITP

Direktur ITAFoS UPM Malaysia Kunjungi Pusat Riset Inovasi Teknologi Pakan USK

20240725 1

Sebagai salah satu pusat riset baru di lingkungan Universitas Syiah Kuala, Pusat Riset Inovasi Teknologi Pakan (PR-ITP) terus membangun jejaring kemitraan guna memperkuat  upaya pengembangan inovasi dan teknologi di bidang pakan ternak.

Kali ini, PR ITP menggandeng Institute of Tropical Agriculture and Food Security (ITAFoS), Universiti Putra Malaysia (UPM) yang konsen dalam pengembangan keilmuan di bidang ketahanan pangan (food security) di negeri Jiran Malaysia termasuk  didalamnya bidang peternakan (livestock).

Hal ini ditandai dengan kunjungan kerja Direktur (Pengarah) ITAFoS UPM, Prof. Dr. Anjas Asmara B. Samsudin ke PR-ITP USK yang disambut langsung oleh ketuanya Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc, beserta para jajaran pengurusnya, Kamis, 25/09/2024.

Dalam pertemuan tersebut kedua pihak membicarakan berbagai hal terkait pengembangan instansinya masing-masing yang diikuti dengan penandatanganan naskah kerjasama berupa Letter of Intens (LoI).

Anjas yang merupakan Guru Besar Ilmu Ternak UPM  dalam kesempatan tersebut memaparkan informasi terkait peluang-peluang yang dapat dikerjasamakan dengan UPM diantaranya kolaborasi riset, pertukaran mahasiswa, studi lanjutan, dan kunjungan akademik, serta hal-hal lain sesuai kebutuhan.

Tentu peluang tersebut disambut baik oleh PR-ITP.  Menurut Samadi, ada beberapa anggota PR-ITP yang perlu melanjutkan studi ke jenjang doktoral. Ia berharap dapat ditempuh melalui skim kerjasama ini.

Samadi juga mengungkapkan peluang kolaborasi riset baik yang spesifik dengan inovasi dan teknologi pakan maupun dengan peternakan dan pertanian dalam konteks yang lebih luas.

Pertemuan yang berlangsung selama 2 jam tersebut turut dihadiri oleh Guru Besar Ilmu Ternak UPM,  Prof. Dr. Abdul Razak Alimon,  Ketua Program Studi Doktor Ilmu Pertanian PPsUSK, Prof. Dr. Ir. Rina Sriwati Bulan, M.Si, Guru Besar Kedokteran Hewan USK, Prof. Dr. Sugito, dan para pengurus teras PR-ITP.

Direncanakan, besok (26/07/2024) Prof. Anjas Asmara dan Prof. Alimon juga akan menyampaikan International Guest Lecturer di Gedung Pascasarjana USK. Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama PR-ITP dan Program Studi Doktor Ilmu Pertanian PPs USK.

20240725 2

20240725 3

20240725 4

20240725 5